Say Hay

Menghafal Rumus Fisika Lewat T-Shirt

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk belajar.  Salah satunya melalui T-Shirt , seperti yang dilakukan  siswa SMA 3 Yogyakarta  2010 Ataka Awalul Rizki. 

Lewat berbagai  desain yang menarik, Ataka berhasil memasyarakatkan rumus rumus Fisika yang selama ini dirasa sangat sulit untuk dihafal. Berawal dari coba-coba, ternyata gagasan ini mendapat sambutan publik.  

Baru sekitar dua bulan usaha produksi kaos  dijalankan,  omsetnya sudah mencapai sekitar 1.000  t-shirt per bulan

"Awalnya iseng, tapi ternyata banyak peminatnya," ujar Ataka usai launching produk Kaos Pintar di Djendelo Cafe Jogjakarta , bulan Juli lalu.

Diungkapkan oleh Ataka, gagasan ini berawal saat dirinya sedang menjalani pembinaan sebagai duta Indonesia dalam Olimpiade Fisika di  Kroasia. Sebagai  wujud rasa persahabatan antar duta olimpiade, Ataka memberikan sovenir kaos bergambar desain fisika yang dibikinnya sendiri.

Tak dikira ternyata, sovenir itu di dunia international diminati para remaja dari negara lain.  Hal itu terbukti dengan banyaknya permintaan lewat email, facebook, SMS maupun telepon langsung yang datang kepadanya.


**BACA SELENGKAPNYA





Fenomena ini kemudian memberikan inspirasi untuk memproduksi kaos ini secara massal. Desain kartun beserta rumus-rumus fisika praktis itu banyak diminati karena dianggap sangat dekat dengan gejala fisika yang ada dalam kehidupan sehari-hari.

Selain diminati remaja international, permintaan nasional juga sangat banyak, karena disain kaos ini dianggap unik. Oleh karena itu, Ataka juga telah membuka sebuah gerai di sebuah mall di Jogja.

Menurut rencana, dalam waktu dekat gerai-gerai serupa akan segera dibuka di kota-kota lain untuk melayani permintaan yang kian besar.  Sebelum gerai gerai diluar kota itu dibuka, permintaan dari luar kota dilayani melalui transaksi online via web : www.kauspintar.com.

Sampai saat ini, usaha ini masih ditangani sebagai usaha keluarga, dan  dalam berproduksi Ataka dibantu oleh sekitar  30 orang staff yang bekerja mulai dari disain, sablon serta penjahit. Namun, Ataka menegaskan bahwa usaha ini lebih difokuskan pada upaya memasyarakatkan ilmu bukan sekadar menjual t-shirt.

"Kalau dilihat kaosnya, mungkin tidak beda dengan kaos lain. Tapi yang harus kita lihat disini adalah upaya edukatifnya,  Karena disain-disain ini banyak diakui sangat membantu para pelajar dalam menghafal rumus-rumus Fisika" tandas Ataka.  (sulistyawan)
sumber :Tribunnews.com

posted under |

0 komentar:

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

Made In Indonesia

Indonesian Freebie Web and Graphic Designer Resources

wibiya widget

Revolvermaps

Jam

Firman Musik

Diberdayakan oleh Blogger.

Mengenai Saya

Foto saya
Pekalongan, Jawa Tengah, Indonesia

POLLING

Followers

Total Tayangan Halaman


Recent Comments